Friday 11 January 2013

Resep Lumpia Semarang Isi Bengkuang



Resep kali ini bakal sedikit agak panjang yaa.. Soalnya mengupas cara membuat 3 hal. Kulit lumpia, Isi Lumpa, dan Saos Lumpia.

Aku termasuk fans berat Lumpia Semarang. Rasanya sudah lama banget ngidam makan Lumpia Semarang. Sayangnya, di kota yang aku tinggali (Yogya - Purwokerto), lumpia semarang agar sulit ditemukan. Entah karena kurangnya permintaan pasar atau apa, pedagang yang menjual lumpia semarang sangat sulit untuk di temukan.

Ceritanya nih, gara-gara nonton video YouTube yang memperlihatkan proses pembuatan kulit lumpia yang aneh bin ajaib, bikin penasaran untuk mencoba membuat kulit lumpia sendiri. Di video itu, adonan lumpia berbentuk adonan kalis seperti adonan donat. Lalusi adonan itu hanya diolesi saja di panci panas, dan di kupas secara mudah ketika sudah matang. Damn, benar-benar pensaran untuk bikin.


Berbekal video YouTube tersebut (pembuat video tidak menyertakan resep) dan hasil browsing seharian mencari resepnya di internet, mantaplah untuk membuat lumpia. Ditambah lagi, mama baru saja dapat kiriman banyak bengkuang. Jadi terbesitlah ide untuk eksperimen bikin Lumpia Semarang 100% "from the scratch"! Ya benar-benar "from the scratch" yaa... Karena sampe kulit lumpia nya saja bikin sendiri.

Jam 12 siang, mulailah mengadon adonan. Sempat senang luar biasa melihat adonannya memiliki tekstur yang sama seperti yang di YouTube itu. Tapi ternyata, masalah mulai datang ketika proses pemanasan si adonan kulit. Masalah yang pertama, adonan nggak mau lengket ke wajan. Sampe dicoba pake wajan yang agak lengket, si adonan tetap saja gak mau menempel. Setelah menganalisa, kemungkinan gara-gara adonan terlalu kalis. Jadi aku tambahkan sedikit air. Tapi ternyata setelah berkali-kali di coba tetap lah gagal.

Sampe saat ini aku masih belum tahu apa rahasianya bikin kulit lumpia. Isi lumpia sudah terlanjur dibuat. Tapi adonan kulit gagal. Ya, daripada bahannya terbuang sia-sia, akhirnya aku memutuskan untuk mencairkan adonan sampe seperti adonan crepes, lalu di panaskan di pan tanpa minyak, seperti bikin crepes.

Setelah jadi, ternyata gak buruk-buruk amat lho.. Kulit lumpia nya krispi di luar, tapi empuk di dalam. Menurutku unik sekali dan memberikan sensasi yang berbeda pada si lumpia semarang itu. Pokoknya maknyussss deh... Berikut resepnya yaa...

P.S: Bengkuang bisa diganti rebung mentah yang diiris seperti korek api dan dikukus. Untuk yang tinggal di luar negri, bisa pake rebung yang di kaleng (young bamboo) yang bisa dibeli di Chinese Supermarket terdekat.

KULIT LUMPIA

Bahan:
200gr Tepung Terigu Cakra
1 putih telur
1sdt garam
+/- 500ml Air + 1 sdt kapur sirih (dicampur menjadi air kapur)
2sdm minyak goreng

Cara:
  1. Campur tepung, putih telur, dan garam hingga merata.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit air kapur sirih ke dalam adonan kering, hingga tekstur cair seperti adonan crepes.
  3. Campurkan minyak goreng ke adonan.
  4. Panaskan di atas pan dengan api kecil. Pan cukup diolesi dengan tisu yang sudah diberi minyak ngoreng. Panaskan tipis-tipis seperti crepes.

ISI LUMPIA

Bahan:
200gr Bengkuang (iris seperti korek api)
5 siung bawang putih (cincang halus)
50gr Udang (cincang halus)
1 btr telur (kocok, orak arik lembut)
10gr Gula Jawa
1sdm Kecap Manis
1sdm Kecap Asin
1 sdt Garam
1 sdt Merica bubuk
3 sdm minyak goreng untuk menumis.

Cara:
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan udang. Masukkan orak arik telur. Masukkan irisan bengkuang. Tumis hingga merata.
  2. Masukkan gula jawa, kecap asin, kecap manis, garam, dan merica. Aduk hingga rata.
  3. Tumis hingga bengkuang layu.
  4. Kalau isi sudah dingin, gulung kedalam kulit lumpia yang sudah dibuat.
  5. Goreng (deep fry) hingga kuning ke-emasan.
SAOS LUMPIA

Bahan:
1 siung Bawang Putih
50gr Gula Jawa
300ml Air
1sdt Merica Bubuk
1/2 sdt Garam
1sdm tepung sagu + 3sdm air (campur)

Cara:
  1. Bawang putih, gula jawa, air, merica, dan garam dimasukkan ke panci. Panaskan dengan api sedang. Aduk hingga rata dan mendidih.
  2. Masukkan campuran tepung sagu, aduk hingga mengental. Matikan api.

Lumpia semarang siap dihidangkan. Sangat lezat untuk kudapan di sore hari. Apalagi kalo ditambah hujan. Duh.. Makin maknyusss deh...

Selamat mencoba yaa...

Bon Appetite..

Foodism.

9 comments:

 

From Foodism Template by Ipietoon Cute Blog Design