Wednesday 10 October 2012

Sukses Kursus Masak

Senang rasanya bisa punya pengalaman buat kursus masak singkat bersama Bogasari. Selama 3 hari, kami diajarkan mengenai berbagai teknik pembuatan kue dan praktek bikin aneka macam kue yang enak-enak (ya walaupun gak semua hasilnya enak banget sih menurutku). Hari ini adalah hari terakhir kursus kue bersama Bogasari.

Walau waktunya sangat singkat, tapi program "cake making" ini cukup banyak memberikan manfaat lho.. Ya walaupun kemaren-kemaren sering bikin kue yang nyoba-nyoba resep dari sana sini, sekarang dengan adanya kursus ini, aku jadi lebih memahami teknik pembuatan kue yang baik dan benar. Selain itu, kita juga diajarkan mengenai teori masak. Jadi sekarang bisa utak-atik resep sendiri deh.. Jadi gak sabar buat bikin kue lagi (masalahnya siapa yang akan makan?). Hehehe..

Hari pertama kursus kue, kita diajarkan untuk bikin Pound Cake menggunakan aneka method dari yang tanpa mixer, pake mixer, sampe modifikasi. Pertama kita bikin Classic Pound Cake yang dimasak tanpa menggunakan mixer. Cukup di aduk menggunakan tangan saja. Simple banget. Terus setelah itu, kita bikin pound cake blueberry dan strawberry. Kalo kali ini menggunakan mixer. Selain itu, juga ditambahkan Strutsel agar rasanya lebih unik. Terakhir, kita bikin Brownies panggang. Nah, ternyata Brownies ini masuk kategori Pound Cake lho.. Karena struktur kue-nya yang luar biasa padat.


Cake Making Course Day 1: Pound Cake Method
(Brownies Panggang, Classic Pound Cake, Blueberry and Strawberry Pound Cake)


Tema hari kedua adalah Sponge Cake. Hari kedua ini aku sangat excited, karena akan belajar mengenai kue yang (menurut aku pribadi) paling sulit untuk dibikin. Sering banget bikin cake ulang tahun yang hasilnya gak memuaskan. Ya bantet lah, ya keras lah, ya kempes lah, ada saja kekurangannya. Tapi di hari kedua ini, aku belajar banyak mengenai teknik pembuatan Sponge Cake. Kita sampe bisa bikin Blackforest Cake lhoo.. Rasa dari kue yang dihasilkan menurut aku sih gak terlalu enak. Mungkin karena kualitas bahan kue yang digunakan di tempat kursus kemaren tidak menggunakan kualitas yang terbaik (ya iyalah.. kalo pake kualitas nomor wahid, pasti bankrut lah mereka). Tapi it doesn't matter. Yang penting bisa belajar tekniknya. Jadi kalo nanti-nanti bikin di rumah, bisa sukses bin enak.


Cake Making Course Day 2: Sponge Cake Method
(Brownies Kukus, Blackforest Cake, Chiffon Pandan Cake)


Hari ketiga ini adalah "Gong" nya bikin kue. Soalnya, kue yang dibuat di hari ketiga ini adalah kue yang "high class". Lapis Surabaya dan Swiss Roll Cake. Telur yang digunakan untuk membuat dua cake ini saja sudah buanyaaaakkkkk buanget. Makannya gak heran kalo rasa dari kue ini maknyus banget. Dulu waktu di Glasgow aku sih sering bikin Swiss Roll Cake. Tapi yang ekonomis dimana cukup menggunakan 4 butir telur saja untuk 1 loyang nya. Kali ini, Swiss Roll Cake yang dibikin itu menggunakan lebih dari 15 butir telur untuk 1 loyang nya. Jadi moist dan maknyus banget.


Cake Making Day 3: Lapis Surabaya


Cake Making Day 3: Swiss Roll Cake


Senang luar biasa bisa belajar bikin teknik pembuatan kue. Jadi semangat 45 nih buat bikin kue-kue yang cantik dan enak lagi. Masalahnya sekarang adalah, di rumah Indonesia, gak punya alat bikin kue saedikitpun (sampai oven aja belum punya). Yah.. mesti nabung buat beli alat deh... Nunggu gajian deh..hehehehe

Oya, hampir lupa. Aku gak pelit resep kok.. Jadi semua resep dari kue yang kita buat selama kursus, pasti akan aku posting di blog ini. Tenang saja... Yang penting sabar nunggunya yaa.. hehehehe

With Love,
Foodism

0 comments:

Post a Comment

 

From Foodism Template by Ipietoon Cute Blog Design