Friday 12 October 2012

Resep Lapis Surabaya Mudah dan Lezat

Siapa yang suka Lapis Surabaya??? Pasti hampir semua orang suka. Teksturnya yang super moist dan rasanya yang super lezat bikin semua orang pasti ketagihan. Saking enaknya nih, Lapis Surabaya yang super quality, biasanya dijual dengan harga selangin. Kata orang-orang, bikin Lapis Surabaya itu super ribet. Soalnya harus buat 3 layer kue. Selain itu perlu keahlian super dahsyat agar kue tidak menjadi bantat.

Untungnya, di hari ketiga kursus kue bersama Bogasari, si Chef mengajarkan kita untuk membuat lapis surabaya. Super excited rasanya, berhubung lapis surabaya ini adalah salah satu kue favourite ku.

Ketika praktek membuat kue ini, aku perhatikan baik-baik proses pembuatannya. Masalahnya, kue ini pasti akan sering aku bikin berhubung doyan banget sama kue nya. Selain itu, kalo sering-sering beli Lapis Surabaya di bakery terkenal, kan bisa bankrut. hehehe

Awalnya aku mengira prosesnya sulit banget, seperti desas-desus yang berhembus di kalangan banyak orang. Cuma ternyata, untuk membuatnya gak susah-susah banget kok.. Asalkan kita hati-hati membuatnya. Jadi semua alat yang digunakan harus bersih. Lalu semua bahan harus disiapkan dan ditimbang terlebih dahulu sebelum dimulai. Jangan sampai proses pengkocokan itu berhenti di tengah jalan karena kita mesti nimbang bahan lainnya. Yang lebih penting lagi, suhu oven harus benar-benar diperhatikan. Bagi yang menggunakan oven biasa yang ditaruh diatas kompor gas, penting sekali untuk selalu mengecek suhu oven karena suhu oven harus selalu stabil. Tapi bagi yang ovennya sudah ada pengaturan suhu otomatis, tidak perlu khawatir banget mengenai hal ini (huhuhu, jadi kangen oven yang di Glasgow deh...). Walau demikian, harus tetep di cek yaa.. Kalo kue nya sudah matang, harus segera diangkat. Jangan sampai overcooked. Anyway, berikut resepnya:


Lapis Surabaya Super Yummy




BAHAN:
300gr Margarine
30pcs Kuning Telur
300gr Gula
1sdt Vanilla Essense
20gr Emulsifier (Ovalet)
70gr Tepung Terigu
20gr Susu Bubuk
30gr Maizena
+/- 2tbs Pasta Coklat (atau bisa diganti Coklat bubuk 2tbs)
Selai Strawberry Secukupnya untuk olesan

CARA MEMBUAT:
  1. Kocok margarine hingga berwarna putih pucat.
  2. Di baskom (mixing bowl) lainnya, masukkan kuning telur, gula, vanilla essense, dan emulsifier. Kocok hingga adonan mengembang dan berwarna putih pucat. Matikan mixer.
  3. Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan mentega secara bertahap, kocok menggunakan mixer sambil diaduk perlahan. Matikan mixer.
  4. Ayak tepung, susu bubuk, dan maizena. Masukkan ke dalam adonan cair. Aduk menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  5. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan coklat pasta. Jadi nanti akan ada 3 bagian (Adonan Putih (1), Adonan Putih (2), Adonan Coklat)
  6. Tuangkan adonan kedalam loyang 20x20cm sebanyak 3 loyang yang telah dialasi kertas kue bawahnya. Jangan olesi loyang dengan mentega atau apapun.
  7. Panggang dengan suhu 180 Celsius sampai matang (+/- 25 menit).
Penyelesaian Setelah Dipanggang:

  1. Dinginkan kue pada suhu ruangan. Keluarkan dari loyang.
  2. Lapisan paling bawah, warna putih. Lalu oles dengan selai strawberry (jangan terlalu tebal olesannya).
  3. Lalu tumpuk dengan yang warna coklat. Olesi lagi dengan selai strawberry.
  4. Tumpuk lagi dengan lapisan warna putih ke dua.
  5. Dinginkan di kulkas sebentar, lalu potong-potong kue-nya sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Selamat Mencoba..

XoXo
Foodism

0 comments:

Post a Comment

 

From Foodism Template by Ipietoon Cute Blog Design